Program Moderasi Beragama dari Kementerian Agama, karena Toleransi Menunjukkan Kerelaan atas Perbedaan

- Kamis, 30 Maret 2023 | 07:00 WIB
Ilustrasi moderasi beragama. Program Moderasi Beragama dari Kementerian Agama, karena Toleransi Menunjukkan Kerelaan atas Perbedaan (ilustrasi/David McEachan/Pexels.com)
Ilustrasi moderasi beragama. Program Moderasi Beragama dari Kementerian Agama, karena Toleransi Menunjukkan Kerelaan atas Perbedaan (ilustrasi/David McEachan/Pexels.com)

PONTIANAK, DIO-TV.COM, Kamis, 30 Maret 2023Program Moderasi Beragama dari Kementerian Agama, karena toleransi menunnukan pada suatu kerelaan terima perbedaan.

Laman kemenagsurabaya.online, menyebutkan, Program Moderasi Beragama, mensyaratkan setuju dalam perbedaan, disertai dengansikap hormat, penerimaan perbedaan.

Program Moderasi Beragama, berarti nirkekerasan, dimana seseorang memiliki kemampuan berpikir positif dan percaya terhadap orang yang berbeda.

Nirkekerasan di dalam Program Moderasi Beragama, sekumpulan pandangan, sikap, dan aksi yang ditujukan untuk mengajak orang di pihak lain, agar mengubah pendapat, pandangan, dan aksi mereka dengan menggunakan cara-cara damai untuk mencapai hasil yang damai.

Baca Juga: Program Moderasi Bersama Kementerian Agama, Menghindari Ekstremisme, Radikalisme dan Hate Speech

Tradisi sebagaimana agama, diwariskan dari generasi ke generasi karena dipandang memiliki nilai-nilai positif.

Di dalam Program Moderasi Beragama, dipahami agama dan tradisi sebagai produk kebudayaan, secara bersamaan berkontribusi bagi pembangunan bangsa.

Tradisi sebagai produk kebudayaan dan agama perlu saling menguatkan, dan keduanya tidak boleh dibenturkan.

Karena di dalam Program Moderasi Beragama dipahami, kebaikan tidak hanya datang dari agama, tapi juga bisa digali dari tradisi sebagai produk kebudayaan. ***

Editor: Dismas Aju

Sumber: kemenagsurabaya.online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X