Kasus Korupsi di NTT Melibatkan Sebagian Besar Kepala Daerah Mereka, Seperti Kasus Terbaru Robi Idong

- Sabtu, 18 Maret 2023 | 15:00 WIB
Bupati Sikka - Robi Idong salah satu contoh kasus korupsi yang dilakukan oleh Kepala Daerah. (matanews.net)
Bupati Sikka - Robi Idong salah satu contoh kasus korupsi yang dilakukan oleh Kepala Daerah. (matanews.net)

JAKARTA, DIO-TV.COM, Sabtu, 18 Maret 2023- Menurut Alexander Marwata selaku Pimpinan KPK RI pernah menyampaikan materi pada acara rapat dengan pendapat pemberantasan korupsi terintegrasi KPK RI dengan Pemerintah Provinsi NTT di Hotel Aston, Rabu 19 Oktober 2022 silam.

Merujuk pada data Komisaris Pemberantasan korupsi (KPK) menyebutkan dalam kurun waktu 2004- 2021 silam, ada sebanyak 155 kepala daerah dan wakil kepala daerah di Indonesia yang terjerat kasus korupsi dan 6 diantarannya kepala daerah di NTT yang juga terlibat kasus korupsi.

Dari 155 kasus tersebut NTT mendapatkan 5 kasus korupsi yang melibatkan Kepala Daerah atau Bupati, laporan tersebut merupakan data yang ditangani KPK RI per Juni 2021.

Baca Juga: Kasus Korupsi Robi Idong Dengan Opini WTP Menjerat Anak Buahnya Selaku Bendahara Daerah Neldis Lebi

Dalam rinciannya, dari total kasus tersebut, jumlah kasus terbanyak masih dipegang Provinsi Jawa Timur yakni 85 kasus, Jawa Barat 84 kasus, Sumatera Utara 60 kasus, Pusat dan DKI Jakarta 59 kasus, Riau dan Kepulauan Riau 45 kasus, Jawa Tengah 43 kasus.

Di Lampung 25 kasus, Banten 24 Kasus, Papua 22 kasus, Bengkulu 22 kasus, Sumatera Selatan 18 kasus, Kalimantan Timur 17 kasus, Nangro Aceh Darussalam 14 kasus, Jambi 10 kasus, NTB 9 kasus, Sulawesi Tenggara 8 kasus, Maluku 6 kasus.

Sementara itu, Provinsi NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Bali masing-masing 5 kasus, dan terakhir Kalimantan Tengah 4 kasus.

Berikut daftar Bupati yang pernah melakukan tindak pidana korupsi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bupati Dabu Raijua yang pernah terlibat kasus dugaan korupsi dana Pendidikan Luar Sekolah (PLS) tahun 2007 sebesar Rp 77 miliar, Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin diduga terkait kasus korupsi pungutan liar Rp 1 juta per desa.

Bupati Rote Ndao, Lens Haning terkait kasus dugaan korupsi pembebasan lahan, Bupati Timor Tengah Utara Raymundus Fernandez terkait kasus pengadaan buku di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO), dan Bupati Sumba Barat Jubilate Pandango sebagai terkasangka kasus korupsi pengadaan 158 unit motor tahun 2011 senilai Rp 3,2 miliar.

Tidak hanya kelima Bupati di Provinsi yang terlibat kasus korupsi, kabarnya yang terbaru adanya kasus korupsi yang terjadi di kabupaten SIKKA, melibatkan Bupati mereka Robi Idong.

Kasus yang melibatkan Bupati SIKKA, Robi Idong sudah bergulir sejak 2021 silam, tetapi pihak Kejaksaan Negeri SIKKA belum menetapkan Robi Idong sebagai tersangka.

Kabarnya Kepala Kejaksaan Negeri SIKKA, Fatoni Hatam jadikan Robi Idong sebagai tuan besar yang kebal terhadap hukum.

Sampai detik ini kasus tersebut belum bergulir, diakibatkan Kepala Kejaksaan Negeri SIKKA, Fatoni Hatam belum melakukan pemeriksaan terhadap Robi Idong.

Mengakibatkan kasus yang berlarut-larut tidak tertangani membuat Robi Idong masih bebas sampai detik ini.

Halaman:

Editor: Ignasius Febby Kurniawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X