• Sabtu, 30 September 2023

KRI Teluk Hading 528 TNI AL Eks Jerman Timur Dilaporkan Terbakar Perairan Sulawesi Selatan

- Sabtu, 3 Juni 2023 | 16:22 WIB
Screenshoot video rekaman KRI Teluk Hading 538 terbakar diperairan Bira, Bulukumba. KRI Teluk Hading 528 TNI AL Eks Jerman Timur Dilaporkan Terbakar Perairan Sulawesi Selatan (sulawesinetwork)
Screenshoot video rekaman KRI Teluk Hading 538 terbakar diperairan Bira, Bulukumba. KRI Teluk Hading 528 TNI AL Eks Jerman Timur Dilaporkan Terbakar Perairan Sulawesi Selatan (sulawesinetwork)

JAKARTA, DIO-TV.COM, Sabtu, 3 Juni 2023 – Kapal militer Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut, KRI Teluk Hading 528 dilaporkan terbakar di Perairan Sulawesi Selatan.

Kebakaran terjadi di Perairan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu pagi, 3 Juni 2023, dan dalam proses evakuasi dari Tim SAR, terlihat dari foto tersebar luas di media digital.

Dalam foto yang beredar, terlihat dari kejauhan masih terlihat asap membumbung tinggi.

KRI Teluk Hading 528, eks Jerman Timur yang pernah membuat heboh tahun 1994, karena dibeli dari kapal bekas, membuat Majalah Mingguan Tempo ditutup Presiden Soeharto.

"Kapal kri teluk gading 538. Ijin melaporkan kami dari Tb .brahma 15 .posisi. 05.40.634. s 120.35.258 e telah terjadi kebakaran pada kapal.. kri Tuluk gading 538...jam 13.30..mohon bantuan segerah..posisi di atas. Tempatnya di Laut antara laut Bira dan laut Selayar...mungkin rekan2 tim SAR bisa langsung bergerak ke TKP...demikian kami sampaikan...," tulis pesan singkat berantai.

Basarnas, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) di Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, masih melakukan upaya pemadaman.

KRI Teluk Hading 538 merupakan kapal kedelapan dari kapal perang jenis kapal pendarat kelas Teluk Gilimanuk milik TNI AL.

Dinamai menurut nama sebuah teluk di wilayah Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur NTT.

KRI Teluk Hading dibangun VEB Peenewerft, Wolgast, Jerman Timur pada tahun 1978 untuk Angkatan Laut Jerman Timur dengan nomor lambung 614.

Baca Juga: Militer Laut Indonesia Operasikan Kapal Perang Fregat Standard NATO Tahun 2023

Kapal berjenis Frosch-I/Type 108 ini kemudian dibeli pemerintah untuk TNI Angkatan Laut dan masuk armada pada tahun 1994.

KRI Teluk Hadir termasuk dalam paket pembelian sejumlah kapal perang eks Jerman Timur pada masa pemerintahan Presiden Suharto.

KRI Teluk Hading bertugas sebagai armada pendarat pasukan Marinir TNI AL dan juga sebagai kapal pengangkut logistik. ***

 

Halaman:

Editor: Dismas Aju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X