Rusia Rebut Soledar dan Kasilevka, NATO dan Amerika Serikat Langsung Panik. Ada Apa di Sana?

- Senin, 23 Januari 2023 | 15:00 WIB
Kota Soledar. Rusia Rebut Soledar dan Kasilevka, NATO dan Amerika Serikat Langsung Panik. Ada Apa di Sana? ((Wikipedia))
Kota Soledar. Rusia Rebut Soledar dan Kasilevka, NATO dan Amerika Serikat Langsung Panik. Ada Apa di Sana? ((Wikipedia))

JAKARTA, DIO-TV.COM, Senin, 23 Januari 2023 – Seminggu sudah setelah Soledar jatuh, kini Kasilevka juga bebas dari Ukraina.

Soledar adalah kota tambang garam tua jaman kekaisaran Rusia.

Di Kota kecil direbut Rusia, ini terdapat beberapa terowongan bawah tanah sedalam puluhan meter dan memiliki jalur sepanjang puluhan kilometer.

Rusia paham, dari perang dunia pertama tambang-tambang itu sudah menjadi tempat penyimpanan senjata berat, puluru dan meriamnya.

Pasukan Wagner, atau sering disebut sebagai musisi, Rusia, menyerang kota ini secara perlahan, mulai dari serangan frontal yang rupanya hanya manuver pengganggu.

Dan serangan sebenarnya dilakukan dari utara dan selatan yang dilakukan oleh pasukan terjun payung angkatan udara Rusia.

Dalam waktu beberapa hari, Soledar terkepung, dengan ribuan tentara ukraina dan pasukan Nazi bayaran lainnya terperangkap, ribuan mati dan sebagian menyerah.

Pola pengepungan ini adalah bagian dari pengepungan  besar terhadap kota Bakhmut atau Artyomos di selatan Soledar.

Rabu, 18 Januari 2023, pasukan Wagner mengatakan bahwa mereka berhasil merebut satu pemukinan lagi, Klishchiivka di selatan Bakhmut.

Halaman:

Editor: Dismas Aju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X