• Minggu, 29 Januari 2023

Bicara Dunia Multipolar Presiden Rusia Vladimir Putin Sebut Indonesia dan Uni Emirat Arab

- Selasa, 24 Januari 2023 | 17:00 WIB
Vladimir Putin, Presiden Rusia. Bicara Dunia Multipolar Presiden Rusia Vladimir Putin Sebut Indonesia dan Uni Emirat Arab (Indonewstoday.com / Imad / Twitter @YuryHdz08)
Vladimir Putin, Presiden Rusia. Bicara Dunia Multipolar Presiden Rusia Vladimir Putin Sebut Indonesia dan Uni Emirat Arab (Indonewstoday.com / Imad / Twitter @YuryHdz08)

MOSCOW, DIO-TV.COM, Selasa, 24 Januari 2023 – Presiden Rusia, Vladimir Putin, pidato di Moscow sebagai Ketua Dewan Eurasian Economic Union (EAEU), 23 Januari 2023.

Di hadapan Kepala Negara anggota EAEU (Rusia, Kirgiztan, Kazakhstan, Belarus dan Armenia), Vladimir Putin, secara khusus penekanan pada kerjasama ekonomi.

EaUE bukan BRICS (Brasilia, Rusia, India, China dan Afrika Selatan), dengan konsep kemitraan sejajar bidang ekonomi, dengan konsep Multipolar, hargai keberagaman.

Sama dengan BRICS maka EaUE menganut konsep Multipolar, bertolak belakang dengan Unipolar diusung Amerika Serikat dan North Artlantic Treaty Organization (NATO).

Pengamat hubungan international Universitas Tanjungpura Pontianak, Dr Yulius Yohanes, M.Si, Selasa, 24 Januari 2023, mengatakan, BRICS dan EAEU bentuk perlawanan unipolar.

Operasi khusus militer Rusia ke Donbass sejak Kamis, 24 Februari 2023, bentuk perlawan dunia multipolar terhadap hegemoni unipolar karena Ukraina jadi proxy Amerika Serikat dan NATO.

Baik  EAUE maupun BRICS, selagi ada Rusia dan China, itu jelas menganut konsep Multipolar berlawanan dengan Unipolar Amerika Serikat dan NATO.

Ini mengacu sumpah Vladimir Putin, dan Presiden China, Xi Jinping di Beijing, Jumat, 4 Februari 2022, bertekad hentikan hegemoni Unipolar Amerika Serikat dan NATO.

Menurut Yulius Yohanes, keunggulan militer Rusia dalam serangan ke Donbass, otomatis meruntuhkan moral Amerika Serikat dan NATO yang sejak 2014 jadikan Ukraina proxy.

Halaman:

Editor: Dismas Aju

Sumber: Bergelora.com, Kedutaan Rusia di Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X